Rabu, 23 November 2016

manfaat taman nasional


7 Manfaat Taman Nasional Untuk Lingkungan

Sponsors Link
Taman Nasional merupakan suatu kawasan hijau yang dijadikan sebagai daerah untuk melestarikan alam. Taman Nasional memiliki ekosistem asli dan dikelola dengan sistem zonasi. Hal tersebut dilakukan untuk kepentingan penelitian, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.
Taman Nasional sangat penting keberadaannya dikarenakan luas daerah perhutanan semakin sempit. Tindakan yang tidak bertanggung jawab dengan menebang atau melakukan pembakaran hutan oleh manusia telah membawa beberapa spesies flora dan fauna menuju kepunahan. Oleh karena itu Taman Nasional perlu dibentuk dan dilindungi seperti halnya kita melindungi hutan agar dapat merasakan manfaat hutan lindung bagi keberlangsungan setiap kehidupan.
Baca juga:
Fungsi Taman Nasional
Taman Nasional memiliki beberapa fungsi sebaagai berikut:
  • Pemanfaatan hutan secara lestari
  • Pelestarian keanekaragaman hayati sekaligus ekosistemnya
  • Melindungi sistem penyangga kehidupan
Nilai Potensial Taman Nasional
Selain memiliki fungsi, Taman Nasional juga memiliki nilai potensial yang sangat berguna bagi kehidupan seperti:
  • Hidrologi
Keberadaan Taman Nasional dapat menjadi daerah pengkapan air yang menjadi hulu dari berbagai sungai. Dengan adanya Taman Nasional sungai bererta anak sungat yang berada di kawasan tersebut dapat mengalirkan air bersih sepanjang tahun. (baca juga: Manfaat Air)
  • Keanekaragaman Flora & Fauna
Potensi keanekaragaman flora dan fauna langka dapat menjadi daya tarik tersediri sebuah Taman Nasional. Dengan adanya Taman Nasional kepunahan suatu spesies juga dapat dicegah sehingga menjaga keseimbangan siklus ekosistem alam.
  • Pariwisata Alam
Panorama kawasan Taman Nasional juga mampu menarik minat wisatawan lokal maupun domestik untuk mengunjungi berbagai objek wisata yang ada di Taman Nasional seperti telaga/danau, air terjun, air panas, serta kawah di puncak gunung. Kedatangan wisatawan ini tentunya memiliki manfaat tersendiri bagi penduduk lokal.
Manfaat Taman Nasional
  1. Mengatur Tata Air
Manfaat Taman Nasional dalam mengatur tata air adalah sebagai berikut:
  • Tajuk pepohonan menahan butiran air yang jatuh ke tanah sehingga tidak langsung menyentuh tanah.
  • Mencegah terjadinya banjir dan longsor karena debit air hujan diserap oleh tanah dan akar pepohonan.
  • Air di dalam tanah akan dilepas sedikit demi sedikit melewati mata air menuju sungai saat musim kemarau tiba sehingga tidak terjadi kekeringan dan air bersih tetap tersedia.
  • Air bersih yang berasal dari mata air tersebut dapat digunakan untuk keperlua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar