Rabu, 23 November 2016

bahaya partikel pada kabut asap


Bahaya Akibat Kabut Asap Terhadap Kesehatan Manusia

Gambar Cara Mencegah Bahaya Kabut AsapGunakan Selalu Masker Saat Bepergian.
Musim kemarau yang berlangsung cukup lama ternyata membawa masalah tersendiri. Di mana-mana ada kabut akibat asap darikebakaran hutan yang mengganggu jarak pandang, khususnya daerah sumatera dan kalimantan. Berbagai aktivitas masyarakat pun menjadi terganggu akibat kabut asap. Seringkali pihak maskapai penerbangan harus melakukan pembatalan jadwal terbang pesawat mereka karena jarak pandang yang terlalu pendek. Karena akibat jarak pandang yang terlalu pendek karena terganggu oleh kabut, maka pengendara motor dan mobil sebaiknya berhati-hati saat mengemudi.
Namun dari semua itu, yang lebih membahayakan adalah akibat yang ditimbulkan kabut asap yaitu terganggunya kesehatan tubuh manusia. Jadi tidak sekedar menyebabkan berkurangnya jarak pandang.

Baca juga:

Kandungan Zat Berbahaya Pada Asap Kebakaran Hutan

Dikutip dari laman laman Bakti Pemuda Nusantara, bahwa asap adalah produk pembakaran yang sempurna dan tidak sempurna, yang terdiri dari partikel partikel gas dan uap serta unsur unsur terurai yang dilepas dari suatu bahan yang terbakar.
Semua bahan yang dapat terbakar akan menghasilkan karbon monosida (gas CO) dan karbon dioksida (gas CO2) dalam jumlah besar. Selain itu juga akan mengeluarkan zat zat beracun seperti : Nitrogen monoksida dan dioksida, gas sulfur, formaldehida (dikenal sebagai formalin), hidrokarbon, partikel dan zat oksidan, serta puluhan bahan beracun lainnya.

Bahaya Kabut Asap Kebakaran Hutan Bagi Kesehatan

Kabut asap tidak hanya berdampak buruk bagi lingkungan, namun juga menjadi ancaman yang cukup serius bagi kesehatan. Gangguan kesehatan akibat kabut asap akan lebih mudah terjadi pada orang yang gangguan paru dan jantung, lansia, dan juga anak-anak.
Ada dua jenis dampak yang muncul karena kabut asap akibat dari kebakaran hutan. Yaitu dampak secara langsung dan dampak secara tidak langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar