Sabtu, 24 Oktober 2015

jenis kucing

Jenis-Jenis Kucing Yang Harus Kamu Ketahui


Kucing adalah salah satu jenis hewan yang paling banyak di pelihara di seluruh dunia. Hewan yang paling dekat dengan manusia ini dikenal juga sebagai salah satu teman manusia. Kucing memang lebih terbiasa hidup di habitat liar, akan tetapi kucing juga bisa beradaptasi menjadi hewan rumah yang tentu dapat hidup bersandingan dengan manusia.

Jenis kucing yang paling terkenal di Indonesia terdiri dari kucing lokal, Persia, dan Anggora. Dari ketiga jenis kucing tersebut, hanya Persia dan Anggora saja yang paling diminati untuk menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Disamping memiliki penampilan yang sangat menarik, kucing juga memiliki sifat manja yang terkadang hal itulah yang menjadi salah satu alasan kenapa orang sangat menyukainya.

Bagi orang Indonesia khususnya orang yang awam terhadap kucing, setiap melihat kucing yang memiliki bulu yang tebal dan terlihat indah biasanya akan menyebutnya sebagai kucing Anggora atau Persia. Padahal kucing bisa jadi bukanlah dari kedua jenis kucing tersebut. Untuk membedakan mana jenis kucing Anggora, Persia, dan jenis kucing lainnya, tentu saja kamu harus mengetahui ciri-ciri dari jenis kucing tersebut. Dibawah ini telah kami sajikan jenis-jenis kucing yang tidak hanya populer di Indonesia saja.

Jenis-Jenis Kucing di Dunia


Kucing Ras Indonesia
jenis kucing
Ilustrasi Kucing Ras Indonesia via kaskus.co.id
Kita harus bangga dengan Indonesia karena di Negara kita ini ternyata Indonesia memiliki ras kucing tersendiri. Beberapa ahli kucing telah mengidentifikasinya sebagai Kucing Jawa atau Javanese Cat. Kucing asli Indonesia bisa bertahan hidup di lingkungan liar maupun di lingkungan manusia. Kucing asli Indonesia ternyata mempunyai daya tahan tubuh yang lebih baik bila dibandingkan dengan kucing impor sejenis Anggor atau Persia.

Kucing Anggora
jenis-jenis kucing
Ilustrasi Kucing Anggora via gambarfotowallpaper.com
Kucing Anggora atau Senggora Turki merupakan ras kucing alami yang usianya sudah sangat tua dan langka. Jenis kucing Anggora memiliki bulu yang panjang. Badannya langsing dan ramping. Kucing Anggora sangat senang bermain, energik, dan penurut. Anggora juga senang masuk kedalam kegiatan orang-orang serta senang berinteraksi dengan manusia. Di Indonesia, jenis kucing yang satu ini masuk kedalam kategori hewan peliharaan berkelas.

Kucing Persia
jenis jenis kucing di dunia
Ilustrasi Kucing Persia via imgarcade.com
Di Negara Indonesia jenis kucing yang satu ini mungkin termasuk salah yang paling favorit dan paling dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kucing Persia memiliki rambut yang panjang dengan karakter wajahnya yang bulat disertai moncong yang pendek. Ciri khas lainnya dari kucing ini adalah bulunya yang tebal. Pada umumnya, kucing jenis persia ini bisa hidup di lingkungan terbuka. Hanya saja, di Negara Indonesia kucing Persia lebih sering untuk dipelihara dalam kandang dengan asupan makanan yang terbatas.

Kucing Nebelung
jenis jenis kucing yang paling populer
Ilustrasi Kucing Nebelung via imagejuicy.com
Kucing Nebelung adalah salah satu jenis kucing langka yang berasal dari Negara Amerika Serikat. Kucing ini lahir dari percampuran antara jenis kucing Anggora dengan kucing Russian Blue. Dilihat dari bulunya, kucing ini lebih dominan membawa genetika Anggora dengan ciri khas bulunya yang begitu panjang dan lebat. Sedangkan warna bulunya lebih berasal dari Russian Blue yang berwarna abu kebiruan. Sifat yang dimiliki oleh kucing Nebelung adalah pemalu namun sangat cerdas. Berbeda dengan kucing yang telah disebutkan diatas, kucing Nebelung membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa menyesuaikan dirinya dengan rumah barunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar